KONSTRUKSI BANGUNAN

KONSTRUKSI BANGUNAN

Konstruksi Bangunan merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataannya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda.

KONSTRUKSI BAJA  |  KONSTRUKSI LOGAM  |  CONVEYOR  |  RACKING  |  EQUIPMENT & AUTOMATION  |  CONSTRUCTION & FABRICATION  |  BERKUALITAS  |  JAKARTA  |  BEKASI  |  TANGERANG  |  DEPOK  |  SURABAYA  | BANDUNG  | SELURUH INDONESIA  |  hargakonstruksi.com

Jasa Konstruksi Bangunan Bahan Baja
Jasa Konstruksi Bangunan Bahan Baja

KONSTRUKSI BANGUNAN – Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Konstruksi dapat juga didefinisikan sebagai susunan (model, tata letak) suatu bangunan (jembatan, rumah, dan lain sebagainya). Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataannya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda.

Bangunan sebagai suatu benda hasil karya orang umumnya besar dan mempunyai bobot yang tinggi serta dikerjakan oleh orang banyak. Mengingat banyaknya macam bangunan dalam bidang teknik, maka dapat dibedakan menjadi jenis-jenis sebagai berikut :

  1. Bangunan kering, yang diantaranya adalah gedung, rumah, jalan, pabrik, tempat ibadah , dan lain-lain.
  2. Bangunan basah, yang diantaranya adalah saluran air, menara air, dermaga, pelabuhan, bendungan,  saluran irigasi dan lain sebagainya. Mengingat ruang lingkup dan jenis bangunan yang cukup luas, maka dalam materi ini hanya akan dibahas ilmu bangunan gedung saja.

Setiap bangunan merupakan susunan sesuatu yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya agar mendapatkan konstruksi yang stabil. Ditinjau dari sisi susunannya, bagunan gedung dapat dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu sebagai berikut:

  1. Bagian bawah yaitu bagian-bagian bangunan yang terletak dibawah permukaan lantai atau bagian bangunan yang ada di dalam tanah, seperti balok beton (sloof), kolom beton dan pondasi. Bangunan bagian bawah ini berfungsi untuk menahan semua beban bangunan yang berada diatasnya termasuk beratnya sendiri.
  2. Bagian tengah yaitu bagian-bagian bangunan yang terletak diatas balok beton (sloof), seperti dinding, pintu dan jendela.
  3. Bagian atas yaitu bagian-bagian bangunan yang terletak diatas dinding (pasangan bata), seperti plafond, balok cincin (ring balk), rangka atap dan penutup atap.

Konstruksi bangunan  adalah komponen penting dalam arsitektur. Untuk melindungi  suatu ruang terhadap iklim dan bahaya –bahaya yang ditimbulkan oleh alam. Menyalurkan beban ke dalam tanah. Struktur adalah sebuah sistem, artinya gabungan atau rangkaian dari berbagai macam elemen-elemen yang dirakit sedemikian rupa hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Beban dibedakan dalam beberapa arti :

  1. Beban Gravitasi : Tegak Lurus Kebumi, vertikal ke bumi, beban yang secara alami dimiliki oleh setiap benda di muka bumi.
  2. Beban Lateral atau Horizontal :Tegak Lurus terhadap beban gravitasi atau mendatar relative sejajar permukaan bumi.

Pembagian beban berdasarkan sebabnya :

  1. Beban yang disebabkan Alam (Geofisika)Arus dan Gelombang air, geothermal-uap dan gas, angin, gempa tektonik dan vulkanik, hujan, salju, dsb.
  2. Beban yang disebabkan Buatan Manusia (Man Made)Getaran kendaraan, suara buatan, ledakan bom, nuklir, benturan, pukulan, dsb. Perbedaan beban hidup dan beban mati .

Bagi Anda yang memerlukan design, konsultasi mengenai Konstruksi Bangunan dapat menghubungi kami sebagai berikut :

PT. ADIYASA ABADI
Kami adalah penjual, manufacturing konstruksi.
Email : marketing@adiyasa.com; adiyasaabadi@gmail.comHP Marketing  :

  1. 0821 2560 1552 (Simpati)
  2. 0821 2560 1550 (Simpati)
  3. 0853 2264 7279 (As)
  4. 0813 1016 2011 (Simpati)
  5. 0821 1198 1269 (Simpati)
  6. 0816 1713 2815 (Indosat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *